Jumat, 21 Desember 2018

Apa Itu Design Grafis? Belajar Design Grafis Untuk Pemula

Zaman sekarang ini memasuki Era Digital, desain grafis sudah sangat merajai media seluruh dunia. Media promosi, media tv, media koran dan yang lainnya, semuanya sudah menggunakan jasa desain grafis.  Maka dari itulah ini kesempatan bagus untuk bisa belajar desain grafis. Keahlian desain grafis tidak akan ada habisnya karena setiap akan banyak yang membutuhkan desain. Salah satu situs yang menyediakan jasa design grafis hebat bisa kalian cek di https://fastwork.id/design-graphic

Belajar desain grafis untuk seorang pemula adalah awal yang sangat menyenangkan. Terutama bagi para pemula yang memiliki sebuah jiwa seni dengan rasa penasaran yang tinggi. Dalam era digital sekarang ini, sudah banyak sekali media untuk bisa belajar desain grafis dengan lebih mudah.


Desain Grafis merupakan bentuk perancangan menggunakan elemen visual seperti gambar, tulisan dan bentuk untuk menyampaikan informasi tertentu. Dalam proses perancangan tersebut, akan ada banyak konsep yang harus diterapkan sehingga menghasilkan produk desain yang menarik. Konsep itu berdasarkan kebutuhan yang dihasilkan oleh masing-masing desainernya.

Berikut ini ada beberapa tips desain grafis yang bisa diketahui atau dipelajari secara otodidak oleh seorang pemula

1. Mengetahui Vektor & Bitmap
Di dunia desain grafis ada software khusus yang dibuat untuk membuat desain vektor (vector) seperti coreldraw dan aplikasi untuk desain bitmap seperti photoshop. Ketika membuka gambar vektor pada aplikasi, maka gambar tidak akan pecah atau tidak terjadi blur walaupun diperbesar. Sedangkan untuk bitmap jika gambar diperbesar maka akan pecah atau hilang kualitasnya. Namun sebaliknya kalau diperkecil akan lebih baik, karena piksel didalamnya semakin rapat.

2. Mempelajari Warna dan Perpaduan Warna
Setiap desain yang dibuat pasti memerlukan element warna didalamnya. Sebuah warna akan memberikan nuansa pada desain supaya lebih menarik.  Untuk teori tentang warna bisa kamu temukan di internet.

3. Mempelajari Aplikasi Desain Grafis Terpopuler
Ada beberapa aplikasi desain grafis yang paling sering digunakan dan memiliki pengguna terbanyak, yaitu Adobe Photoshop. Lewat aplikasi ini kamu dapat membuat logo, vektor, wallpaper, background, ilustrasi, gambar 3d dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi lainnya yang sangat akrab untuk desain grafis yaitu Coredraw dan Adobe Illustator. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat vektor, seperti logo, baliho, brosur dan masih banyak lagi.

4. Kunjungi Situs Tutorial Desain Grafis Untuk Pemula Terlengkap
Bagi kamu yang ingin belajar desain grafis secara otodidak, ada beberapa referensi situs terbaik belajar desain grafis untuk pemula sampai mahir yaitu Design Tutsplus, merupakan situs yang memberikan tutorial desain grafis paling lengkap. Ilmu Grafis, merupakan asli situs indonesia. Youtube, Kalau kamu suka dengan video maka kamu bisa belajar desain grafis versi video. Semuanya tersedia di youtube, mulai dari membuat poster, logo, manipulasi dan lain-lain.

5. Mencari Inspirasi Untuk Desain Grafis
Cara untuk mencari inspirasi ini dengan melihat hasil karya orang-orang yang sudah sukses. Mendapatkan ide itu memang susah, jadi kita harus dituntut banyak untuk mencari inspirasi sebelum membuat sebuah desain.

Mengamati tips diatas kamu sudah bisa memperkirakan langkah apa yang harus dilakukan untuk belajar desain grafis. Intinya harus belajar dengan giat dan semangat. Tidak mudah putus asa, karena hasilnya pasti akan memuaskan.  Tidak ada salahnya untuk belajar secara otodidak bagi pemula untuk hal desain grafis ini karena meskipun masih pemula apabila ditekuni dengan sebaik-baiknya maka semua bisa dipelajari dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Itu Design Grafis? Belajar Design Grafis Untuk Pemula